oleh

Distan Aceh Timur Salurkan Bantuan Racun Tikus Kepada Kelompok Tani

 

ACEH TIMUR, RADARNEWS- Dengan semaraknya hama tikus yang telah menyerang tanaman padi maupun jagung sangat meresahkan para petani di Desa loot, sekualan , jering sunti serta umah taring. Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh timur, serangan hama tikus dimulai sejak umur tanaman padi 60 hari atau masa bunting. Bila hal ini tidak segara dikendalikan maka para petani akan mengalami kerugian besar karena gagal panen yang akan mempengaruhi perekonomian para perani kedepan.

Menyikapi hal itu, Kepala Desa loot Kecamatan Serbajadi segera melaporkan keluhan ini kepada Petugas Penyuluh Perlanian (PPL) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/ serbajadi agar sama mencari solusi untuk mengatasi serangan hama tikus pada lahan pertanian.

Dari laporan Koordinator PPL serbajadi, Dinas Pertanian Aceh timur, Danposramil 01/
(SERKA H.AYAT) serta Babinsa merespon dan segera turun kelapangan untuk melihat secara langsung lahan pertanian yang mengalami serangan hama tikus.

Kadis Pertanian melalui Kabid Tanamam Pangan Zahrul SP mengatakan bahwa pemerintah selalu merespon keluhan petani dan mengharapkan agar para Kelompok Tani tetap semangat dan tidak perlu kuatir, sebab dampak hama tikus masih kategori ringan. Dari catatan Dinas Pertanian Aceh Timur bahwa belum pernah ada wilayah pertanian di serbajadi yang masuk kategori  fuso atau gagal panen akibat hama, kendati  demikian,  pemerintah tetap siap  bersama-sama menanggulangi hama itu.

Pihak dinas pertanian memberikan bantuan racun tikus beberapa jenis di antara nya.
,Sedarat0,005 bb, Basmikus 66ps, Starpidor5wp,
kepada kelompok ,citra tani Desa Lot

“Semua barang tersebut akan kami serah kan ke pihak kelompok tani (citra tani) hari ini juga guna Untuk mengatasi serangan hama tikus, pada tgl 5 juni 2019” Katanya.

Sementara itu Danposramil (SERKA H.AYAT)mengatakan kesiapan TNI membantu dan membina petani menjadi tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk membantu kesulitan rakyat.Mari sama sama kita basmi dan mengharapkan agar para Kelompok Tani menggunakan pemberian alat dan racun tikus se efektif mungkin sehingga racun tidak mubazir dan tikus tetap beroperasi.

Ketua Kelompok Tani ,(CITRA TANI),mahmud mengucapkan terima kasih atas tanggapan dan respon pemerintah, Hal ini menjadi keyakinan masyarakat atas perhatian pemerintah kepada rakyat kecil (Saprizal).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed