oleh

BKKBN Adakan Pertemuan Lokmin Di Desa Rema Baru

Acara poto bersama

GAYO LUES RADARNEWS– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Gayo Lues adakan Pertemuan Loka Karya Mini (Lokmin) Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Rema Baru Kecamatan Kutapanjang Kabupaten setempat, Kamis (09/05/19).

Acara yang dilaksanakan di Masjid Rema Baru tersebut dihadiri oleh Camat Kutapanjang Suardi SE, Prangkat Desa, Babinsa, Penyuluh Pertanian dan Petugas Lapangan (PL) KB serta Kader KB desa Rema Baru.

Kepala BKKBN Gayo Lues diwakili Sekertarisnya Mutia Katmi menyampaikan bahwa ada 8 pungsi utama keluarga berencana yaitu salah satunya agama. Dijelaskan Mutia Katmi agama merupakan hal sangat penting dalam rumah tangga.

Selanjutnya tak kalah penting, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, sosialisasi, fungsi ekonomi, fungsi lingkungan

Diharapkan Mutia Katmi setelah dinobatkannya desa Rema Baru sebagai kampung KB agar program ini tidak jalan ditempat, perlu ada inovasi baru diciptakan di desa, tentu dalam hal ini perlu ada kerja sama dengan prangkat kampung dan PL KB serta dukungan masyarakat.

“Keluarga Berencana, bukan dalam artian membatasi kelahiran anak, tidak dilarang bila suatu keluarga ingin menambah anggota keluargannya, namun hak dasar harus dipenuhi, seperti pendidikan dan kesehatan misalanya” kata Mutia.

Dia berharap jangan lebih besar mudarat daripada manfaat, jika perencanaan suatu keluarga tidak siap.

Setelah memahami fungsi-fungsi pembinaan tersebut, tentu desa perlu merencanakan dan memfasilitasi kegiatan tersebut,

Selain itu masih Kata sekertaris BKKBN, apa yang disampaikan bermanfaat dan disampaikan kepada masyarakat,
“yang hadir saat ini kiranya bisa menjadi penyambung lidah menyampaikan kepada masyarakat tetang pentingnya program ini” ujarnya.

Selanjutnya Camat kutapanjang Suardi SE menyampaikan harapanya kepada peserta yang hadir terutama kepada perangkat desa agar mendukung program ini sesuai yang disampaikan oleh BKKBN.

Menurut Camat, untuk membina keluarga bukan hanya tanggung jawab ibu saja, namun kaum bapak juga harus berperan aktif, selain itu kepada perangkat desa Camat menekankan agar menerapkan program KB

“Peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting, sebab sekecil apapun tindakan kita, akan berpengaruh kepada hal lain, anak akan mencontoh kepada orang tuannya. orang tua harus menjadi contoh kepada anaknya” ucap Camat Suardi SE.

Dianjurkannya bagi orang tua di desa rema baru agar anak-anaknya dimasukan ke sekolah angama, suapaya ada filter bagi si anak dalam beraktipitas sehari-hari dilingkungan hidup mereka.

“Hal itu termasuk ada kaitannya dengan visi misi Bupati Kabupaten Gayo Lues” tegas Camat.

Dikatakannya lagi, lingkungan juga sangat penting diperhatikan, pergaulan anak perlu dibatasi khususnya yang bersipat negativ meskipun Desa Rema baru sudah bagus pendidikan agamanya.

Selanjutnya Kepada pihak BKKBN Camat berharap supaya terus berupaya dan selalu memberikan pembinaan kepada masyarakat desa Rema Baru.(Syukri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed