oleh

Alat Berat Yang Beroperasi Di Desa Porang Dihentikan Pemuda Setempat

GAYO LUES RADARNEWS– Dua unit Alat Berat Jenis Excapator (Beco) diduga milik PT Lembah Alas yang sedang beroperasi di wilayah Desa Porang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues dihentikan oleh pemuda setempat, Jum’at (31/05/19).

Dinilai dengan beroperasinya alat berat tersebut di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) desa porang dapat memicu terjadinya bencana alam, sebab, lebih kurang sudah satu minggu diduga pihak PT Lembah Alas mengambil pasir di areal sungai.

“Bila pengambilan pasir terus dilakukan di sungai ini, kemungkinan besar akan menyebabkan terjadinya bencana alam seperti longsor apa lagi di lokasi yang sekarang ini alat berat tersebut melakukan penambangan pasir sudah pernah terjadi erosi yang mengakibatkan sejumlah lahan sawah milik warga tergerus aliran sungai” sebut Syukri Ketua Pemuda Porang, Jum’at (31/05/19).

Karena salah satu alasan itu, pemuda setempat melarang dan menghentikan sejumlah alat berat tersebut melakukan penambangan. ” Ini tidak bisa dibiarkan, jika penambangkan terus dilakukan, yang rugi masyarakat sekitar” kata Syukri.

Sementara itu Pengulu Desa Porang, Awaludin juga menyebutkan, hal yang wajar bila pemuda desanya itu menghendikan pekerjaan tersebut, lagi pula para pekerja itu tidak pernah minta permisi kepada kepala desa bahwa mereka akan melakukan penambangan pasir.

” Mereka tidak pernah minta permisipun kepada kami sebelumnya, bahwa mereka akan melakukan pengambilan pasar diwilayah porang”, sebut Awaludin.

Kepala desa porang menilai pihak yang melakukan pekerjaan di wilayahnya itu tidak memiliki tata kerama, sebab sebelum bekerja tidak pernah minta permisi atau meminta izin kepada dirinya selaku kepala Desa.(Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed